Kamis, 27 April 2017

Apa rasanya bekerja di Kapal Pesiar?

Apa rasanya bekerja di Kapal Pesiar?


Mendapatkan kesempatan bekerja di luar negeri merupakan sebuah kesempatan emas yang ingin dimiliki oleh banyak orang. Hal ini karena biasanya seorang pekerja akan mendapatkan upah atau gaji yang lebih besar dari upah utama bila bekerja di kampung halamannya, terutama Indonesia. Upah Minimum Regional atau UMR di Indonesia masih terbilang lebih kecil bila dibandingkan dengan upah yang bisa didapatkan dari bekerja dengan orang luar negeri atau di luar negeri. Salah satu pekerjaan yang sedang naik daun di Indonesia adalah menjamurnya orang yang berminat untuk bekerja di kapal pesiar. Apa sebabnya? Tentunya kerena upah pekerja Indonesia di kapal pesiar lebih besar yaitu sekitar Rp. 7000.000 - Rp. 10.000.000, bahkan ada pekerjaan yang bisa mendapatkan upah puluhan juga rupiah tentunya sesuai dengan tingkat pekerjaannya. Seperti halnya gaji seorang kapten kapal pesiar akan jauh lebih besar daripada gaji awak kapal karena tugas kapten kapal pesiar akan lebih besar dibandingkan dengan awak kapal biasa. Alasan lainnya mengapa banyak orang Indonesia berburu untuk dapat bekerja di kapal pesiar adalah dapat berkeliling dunia secara gratis sekaligus mendapatkan upah yang jauh lebih besar dari hasil pekerjaan yang bisa mereka dapat di dalam negeri.




Namun sayangnya informasi bagaimana cara untuk dapat bekerja di kapal pesiar belum diketahui banyak orang. Para pekerja yang berminat bekerja di kapal pesiar tidak tahu harus mencari informasi akurat tentang bagaimana cara kerja di kapal pesiar. Padahal informasi yang demikian sangat dibutuhkan oleh mereka untuk mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan sebagai syarat bekerja di kapal pesiar. 


Cara Mendapatkan Pekerjaan di Kapal Pesiar
Mendapatkan pekerjaan di kapal pesiar sama halnya seperti anda mencari pekerjaan pada umumnya di daerah anda. Anda harus mencari posisi yang sesuai dengan kriteria dan kemampuan yang anda miliki. Selain itu anda juga diharuskan aktif untuk dapat menemukan informasi dan mengirimkan CV anda ke beberapa perusahaan kapal pesiar di dunia. Berikut adalah langkah-langkah untuk mendapatkan pekerjaan di kapal pesiar:
1. Mencari Informasi dan Mengirim Lamaran
Hal pertama yang harus anda lakukan adalah aktif dalam mencari informasi tentang beberapa perusahaan kapal pesiar yang sedang membuka lowongan pekerjaan. Setelah anda mendapatkan informasi yang akurat, kirimkan lamaran dan CV anda ke beberapa perusahaan kapal pesiar tersebut. Jika memang anda kesulitan menemukan informasi tentang perusahaan kapal pesiar mintalah bantuan kepada beberapa lembaga penyalur tenaga kerja untuk kapal pesiar yang ada di daerah anda.
2. Melamar pada Pekerjaan yang Sesuai

Yang harus anda perhatikan selanjutnya adalah melamar pada pekerjaan yang sesuai dengan minat anda. Selain itu anda juga harus menyesuaikan pekerjaan dengan pendidikan dan juga keterampilan yang anda miliki. Pelajari terlebih dahulu pekerjaan yang tersedia di kapal pesiar seperti bagaimana pekerjaannya, tantangan dalam pekerjaan, dan lain sebagainya.



3. Mengasah Keterampilan Berbahasa
Hal yang harus anda persiapkan selanjutnya adalah mengasah keterampilan berbahasa asing anda terutama bahasa Inggris. Hal ini tentu sangat penting karena anda akan bekerja dengan banyak orang asing di kapal pesiar. Penguasaan bahasa Inggris bisa anda lakukan sendiri atau anda bisa mengambil pelatihan yang biasanya disediakan oleh lembaga penyalur tenaga kerja untuk kapal pesiar.
4. Menyiapkan Beberapa Dokumen

Beberapa dukomen harus anda persiapkan jika ingin bekerja di kapal pesiar. Dokumen-dokumen tersebut diantaranya paspor, BST (Basic Safety Training), dan juga seaman book (buku pelaut). Membuat paspor biasanya membutuhkan waktu yang lama sehingga harus anda siapkan lebih awal. Sedangkan BST biasanya bisa anda dapatkan setelah melalui pelatihan selama 1 minggu di beberapa agen yang mengeluarkan BST resmi. Seaman book bisa anda dapatkan dengan mudah dengan bantuan beberapa lembaga penyalur tenaga kerja kapal pesiar. 


Banyak diantara teman-teman saya yang menanyakan tentang bagaimana pengalaman saya saat saya bekerja sebagai pegawai di kapal pesiar. Saya akan menceritakan suka duka bekerja di kapal pesiar sehingga bisa menjadi penggambaran bagi anda. Kapal Pesiar itu merupakan kapal yang mewah untuk para penumpangnya tapi tidak begitu mewah untuk para awak kapalnya. Sebagian besar dari kami bekerja dalam shift yang tidak pendek, bahkan terkadang kami bekerja selama 7 hari dalam seminggu. Sewaktu-waktu kami bisa pulang ke pelabuhan diberikan waktu untuk mengunjungi keluarga atau berjalan-jalan. Kebanyakan awak kapal tidur bersamaan di kabin yang lebih kecil daripada kabin penumpang. Hanya personil yang lebih tinggi jabatannya mempunyai kabin pribadi sendiri. Biasanya ada Bar untuk para awak kapal, ruang makan, dan ruang berkumpul yang berada di bawah Dek. Terkadang juga ada kolam renang atau permandian air panas untuk para awak kapal. 



Biasanya orang yang memiliki kewarganegaraan yang sama akan sering berkumpul bersama, mungkin karena bahasa dan kesamaan pengalaman di kampung halaman. Walaupun Kapal Pesiar lebih melayani pasar Amerika Serikat, para awak kapal biasanya bukan merupakan tenaga kerja dari AS. Salah satunya adalah NCL America's Pride of America yang merupakan salah satu kapal berbendera Amerika Serikat dimana mereka harus tunduk kepada peraturan dan hukum di AS. Kapal ini memiliki awak yang merupakan tenaga kerja dari AS. Walaupun ada rumor bahwa disana terjadi tingkat pergantian tenaga kerja yang sangat tinggi, karena hidup di kapal persiar bukanlah pekerjaan yang enak untuk dilakukan.
PoA sering berlayar ke Hawaii tetapi para awak PoA dibayar lebih dan mendapatkan waktu istirahat yang lebih dari pada awak lain. Pokoknya, mereka mempunyai pekerjaan yang lebih enak dari pada yang lain. Dari yang saya dengar, para awak kapal lebih menikmati kerja saat sedang berlayar. Mereka mempunyai penghasilan yang lebih daripada jika mereka bekerja di kampung halaman. Apalagi bila mereka melayani penumpang yang ringan tangan, mereka bisa mengirim uang mereka ke keluarga di kampung halaman. Mayoritas penumpang memang tidak menjengkelkan kepada awak kapal, itu adalah salah satu keuntungan bekerja sebagai awak di kapal pesiar.
Itulah langkah-langkah cara kerja di kapal pesiar dan pengalaman bekerja di kapal pesiar yang pernah saya alami. Semua pekerjaan memang akan setimpal dengan apa yang kita usahakan, namun bekerja menjadi awak di kapal pesiar bisa memberimu pengalaman dan mendapatkan upah yang lebih besar. Namun ingat, selalu saja ada tantangan dalam bekerja sebagai pekerja di kapal pesiar diantaranya waktu kerja yang panjang, rindu kampung halaman, dan pekerjaan ini merupakan pekerjaan lepas karena menggunakan sistem kontrak. Semoga artikel ini bisa memberikan penggambaran tentang bagaimana rasanya bekerja di kapal pesiar. Bagi anda yang berminat pada pekerjaan ini, semoga berhasil dan selamat berkeliling dunia!


Jika Anda Tertarik & Ingin Berkarir Di Dunia Cruisse Line.Segera Daftarkan Diri Anda Sekarang Juga


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUGAS UTAMA PRAMUGARI SAAT PENERBANGAN

Tugas Utama Seorang Pramugari / Flight Attendant :   Pramugari Merupakan Profesi Yang Sangat di Impikan Oleh Setiap Wanita Yang Tela...